Selasa, 20 April 2010

TAKE IT'S EASY

Masalah adalah teman sehari-hari kita sebagai manusia yang telah diberikan akal oleh Tuhan. Dan akal adalah sahabat sehari-hari kita sebagai seorang makhuk yang tak berdaya dalam mengambil sebuah keputusan. Sebuah keputusan diperlukan untuk mengatasi sebuah masalah. Jadi, jika demikian, untuk mengatasi sebuah masalah diperlukan sebuah keputusan. Namun terkadang orang salah dalam mengambil sebuah keputusan. Banyak hal yang dapat mempengaruhi hal ini. kalau begitu, apa yang harus kita lakukan agar bisa mempertimbangkan atau menghasilkan sebuah keputusan yang tepat?
  1. Analysis masalah. first of all, analysis masalah yang tengah kita hadapi. Seberapa berat atau ringankah? Apa pengaruhnya kepada kita? Lalu, masalah ini berhubungan dengan siapa? Dan apakah kita butuh bantuan orang lain?
  2. Coling down alias tenangkan diri kita. Lupakan sejenak segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita bila itu bikin otak kita ruwet dan mampet, tapi kita harus tetap awas. Biasanya, saat keadaan otak kita tengah ruwet dan mampet seperti ini hanya akan mempersulit otak kita dalam berfikir dan mencari keputusan yang tepat. Bisa-bisa yang ada malah kita bikin masalah baru.
  3. Cari sandaran. Seseorang yang bikin kita nyaman dan bisa mengayomi kita dengan baik. Sahabat, guru, ataupun ibu. Percaya dech, semua yang peduli sama kita dapat buat kita sedikit lebih tenang.
  4. Dekatkan diri pada Tuhan! Hal pamungkas yang harus selalu dan selalu kita lakukan dari awal hingga akhir pengambilan keputusan. Dan kita juga harus yakin bahwa setiap masalah yang Tuhan berikan pasti ada solusinya dan Tuhanlah yang lebih tahu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar