Rabu, 14 April 2010

MASA LALU

Masa lalu terkadang sulit untuk dilupakan, entah itu masa lalu yang memberikan kebahagiaan ataupun masa lalu yang menyisakan perih. Tapi kebanyakan bila dicermati, masa lalu yang menyisakan perih sulit sekali untuk dilupakan meski kita telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk melupakannya. Misalnya saja saat kita harus meninggalkan ataupun ditinggalkan oleh seseorang yang sangat kita sayangi. Entah itu orang tua kita, anggota keluarga, sahabat dan lain sebagainya. Atau saat sesuatu yang buruk terjadi kepada kita, menjadi korban kejahatan orang lain mungkin, yang menyisakan trauma yang mendalam.
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan ingatan tersebut, yakni:
  1. Biarkan berlalu, membiarkan hal buruk itu berlalu begitu saja adalah cara tersimpel untuk dilakukan walaupun agak sulit untuk terus dijalani. Hal ini terjadi karena suatu saat nanti kita pasti teringat kembali oleh hal itu melalui berbagai jalan.
  2. Karena Tuhan, kita harus yakin bahwa apapun yang terjadi terhadap kita adalah suratan takdir-Nya. Meskipun itu adalah kesakitan yang langka obatnya. Namun apabila kita yakin atas semua itu, kita akan mendapatkan sebuah kekuatan yang lebih besar dari apapun untuk bisa melupakan itu semua ataupun terus hidup dengan bayang-bayang masa lalu.
  3. Motivasi, adanya motivasi untuk tetap dan terus berusaha melupakan catatan kelam di masa lalu adalah hal yang perlu kita lakukan. Lalu lihatlah ke depan! Kita masih memiliki banyak kehidupan yang perlu kita jalani. Jangan hanya menjadi seekor burung yang hanya tetap berdiam diri dalam sangkar masa lalu, tapi explore-lah potensimu! Masih banyak yang harus kita lakukan.
  4. Buka diri, carilah teman atau siapapun yang rela untuk menjadi tempat curhatmu. Namun seorang Ibu adalah teman curhat yang paling baik, atau sahabat. Setidaknya mereka akan mengerti semua masalahmu dan memberikan jalan keluarnya. Selain mendapatkan itu, yakinlah, nanti kita akan meras lebih tenang dan ringan.
  5. Berdoa, satu hal yang tak seharusnya kita lupakan dan kita tinggalkan. Ingat, semua yang telah terjadi kepada kita adalah atas kehendaknya, maka Dia-lah juga yang mempunyai semua solusinya. Teruslah berdoa dan meminta petunjuk dari Tuhan.
  6. Dan mencoba sesuatu yang baru, dan tentu saja bersifat positif. Percayalah, itu akan memalingkan dirimu dari semua belenggu masa lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar