Sabtu, 17 Juli 2010

TIPS AMAN BER FACEBOOK

Sepertinya akhir-akhir ini facebook adalah sesuatu yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan kita. Tak ada waktu tampaknya yang terlewatkan tanpa membuka facebook. Ada beberapa tips di bawah ini yang berkaitan dengan penggunaan facebook.

  1. Status hubungan Anda adalah keputusan bersama pasangan Jangan pernah mengubah-ubah status hubungan Anda jika tidak didasari kesepakatan bersama antara Anda dan pasangan. Banyak kasus buruk terjadi akibat seseorang merubah statusnya secara sepihak. Jangan lupa, teman-teman Anda atau teman pasangan Anda bisa mengetahui hal ini dengan cepat.
  2. Berteman dengan teman dari sahabat Anda pun ada etikanya Ketika ingin berteman dengan teman sahabat Anda di Facebook, jangan lupakan keberadaan teman Anda yang di sini berperan sebagai ‘penghubung’. Katakan dari siapa Anda mengetahui profil mereka. Anda tak mau dicurigai sebagai sales bukan?
  3. Siapkan diri ketika berteman dengan seseorang yang pernah berkencan dengan Anda Sebelum Anda melakukannya, lebih baik Anda siap mental dulu. Beberapa status yang dia tulis bisa jadi membuat Anda cemburu. Dibutuhkan kedewasaan untuk melakukan hal ini. Namun jika Anda tidak ambil pusing, lakukan saja.
  4. Jangan banjiri profil dengan foto, video, dan komentar yang berkaitan dengan gagalnya hubungan Anda Hal itu sepertinya tidak pantas dilakukan di Facebook. Jika Anda ingin minta simpati, teleponlah teman Anda, jangan bertanya pada orang-orang di dunia maya, apalagi di Facebook yang diakses banyak orang. Anda malah bisa dipermalukan.
  5. Jangan curhat dan buka rahasia di Facebook Jika Anda ingin curhat dan sejenisnya, lebih baik Anda tidak melakukannya di
    Facebook. Gunakan saja e-mail rahasia, telepon atau lakukan saat sedang makan bersama teman Anda misalnya. Masih banyak fasilitas lain bukan? Anda tentu tidak ingin rahasia Anda diumbar oleh orang yang tidak bertanggungjawab.
  6. Kenali Perbedaan antara Wall dan Message Suatu pernyataan yang menyangkut hubungan pribadi Anda sebaiknya tidak usah terlalu diekspos. Kalimat seperti “I luv u soo much baaabyy.. I Can’t wait too see 2neit”, mungkin akan lebih cocok jika ditulis di message.
  7. Jangan sekali-kali Membuat profil Palsu Mungkin terlintas di benak Anda untuk membuat akun palsu mantan pacar yang telah menyakiti Anda. Kemudian, Anda posting hal-hal buruk tentangnya. Tentu saja, jangan pernah benar-benar melakukan hal ini. Jika aksi Anda ketahuan, orang-orang malah bisa memberi cap negatif pada Anda. Intinya adalah jangan umbar banyak informasi tentang diri Anda apalagi yang bersifat pribadi. Anda tak akan pernah tahu apa saja yang bisa terjadi ke depannya. Ingat, dunia maya meski menyenangkan tetap penuh dengan risiko dan juga orang-orang jahat.


WASPADAI FACEBOOK LOGING PHISING

postingan kali ini adalah mengenai masalah facebook login phising. Facebook yang notabene memiliki pengunjung ratusan juta orang tentunya membuat para hacker beraksi dengan teknik phisingnya. Seperti kita ketahui sekarang ini marak terjadi pencurian data pribadi dari user facebook. Teknik facebook login phising yaitu teknik yang dilakukan dengan membuat sebuah halaman palsu yang sangat mirip dengan halaman asli facebook yang bilamana anda memasukkan akun login anda bersama passwordnya maka otomatis data anda akan langsung sampai ke pelaku hacker. Facebook login adalah masalah yang sering dialami orang-orang, sama halnya dengan berbagi macam situs lainnya.

Bukan hanya masalah lupa username dan lupa password tetapi juga berkembangnya situs phising yang menginginkan akun Facebook orang lain dihack sehingga setiap layanan website berupaya untuk mengatasinya.

Menurut beberapa laporan di situs/web seperti ComputerWorld bentuk phishing penipuan terbaru saat ini sangat meluas, situs Facebook login phising tersebut berusaha untuk mendapatkan data login pengguna Facebook. PandaLabs, yang menyingkap seluk beluk penipuan lewat situs phishing, tidak memberikan banyak rincian tentang hacking Facebook menggunakan fake login yang menirukan halaman login Facebook dan menampilkan pesan kesalahan setelah pengguna memasukkan informasi login Facebook. Mereka juga menyebutkan bahwa alamat/url situs phishing kemungkinan besar akan menyebar melalui email, tetapi juga dengan teknik blackhat SEO, juga dapat digunakan oleh scammer dengan menempatkan situs web mereka di posisi penting di beberapa mesin pencari, sehingga membuat pengguna percaya bahwa mereka mengunjungi situs Facebook yang tepat, padahal kenyataannya mereka mengunjungi situs yang sudah dimanipulasi.

Berikut juga tips dari Kaspersky Labs untuk menghindari facebook login phising :

  • Untuk situs sosial seperti Facebook, buat bookmark untuk halaman login atau mengetik URL www.facebook.com secara langsung di browser address bar.
  • Jangan mengklik link pada pesan email.
  • Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
  • Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.
  • Kenali tanda giveaway yang ada dalam email phising:
  • Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate antivirus.
  • Menginstall patch keamanan.
  • Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.
  • Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator. Cermati alamat URL-nya yang ada di address bar.
  • Back up data anda.

Waspadalah selalu pada facebook login anda. Pastikan anda telah memahami beberapa tips facebook login di atas. Dan tentunya anda juga harus tahu bahwa tidak ada yang aman di Internet. Semua bisa terjadi. Waspadalah, waspadalah hacker ada dimana-mana

CARA MENCEGAH HACKING FACEBOOK

1. USER LUPA LOG-OUT

Tindakan ini terbilang tindakan yg sangat ceroboh. Biasanya hal ini terjadi karna ada user yg buru-buru ingin segera meninggalkan Komputernya dan segera menutup aplikasi browsernya (mozilla, opera, dll) tanpa melakukan LOGOUT. Sehingga cookies atau saved password masih tertinggal yg membuat user berikutnya ketika membuka situs melalui aplikasi tersebut bisa langsung menuju “HOME” si pengguna sebelumnya.Tips : Sebelum meniggalkan komputer tersebut, pastikan kalau account anda benar ter-LOGOUT!? Atau bersihkan semua “Private Data” pada browser, misalnya pada Mozilla Firefox : tekan CTRL+SHIFT+DELETE lalu centang semua pilihan kemudian klik clear it now.

2. FAKELOGIN

Cara ini merupakan cara yg bisa dilihat dengan jelas. Pada saat membuka browser (contohnya : mozilla firefox), biasanya langsung menuju ke sebuah “Home Page” yg terlihat seperti Halaman Awalnya Facebook. Tapi ketika Address Bar-nya diperiksa, maka tercantum sebuah situs yg jelas2 bukan dari facebook.com. Tips : Jangan pernah mengisi email dan password selain dari situs http://www.facebook.com

3. KEYLOGGER

Cara yg paling sukses menurut para Hacker “Level Teri”. Keylogger merupakan sebuah program/ software yg berfungsi untuk merekam segala aktifitas pada keyboard. Sehingga apapun yang anda ketikkan pada komputer, akan tersimpan di sebuah Logs yg disediakan oleh keylogger tersebut termasuk password anda!?

Tips: Saat mengisi kolom Password, usahakan untuk menambahkan tiga huruf/angka yg BUKAN bagian dari password anda. misalnya password yg akan diisikan adalah kmzWA8awAA, tambahkan tiga angka/ huruf lagi. adinya kmzWA8awAA89b, lalu blok karakter tambah tadi (89b) pake Mouse kemudian tekan tombol DELETE pada keyboard (jangan backspace!!). sehingga yg tercatat dalam keylogger tersebut adalah kmzWA8awAA89b bukan kmzWA8awAA.

Sumber: http://korananakindonesia.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar