Kamis, 06 Mei 2010

nggak pede?

Percaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti; mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata sedangkan Diri; dipakai sebagai pelengkap beberapa kata kerja untuk menyatakan bahwa penderitanya atau tujuannya adalah badan sendiri. Bila demikian, maka Percaya Diri bisa diartikan sebagai sebuah pengakuan atau keyakinan terhadap diri sendiri. Lalu kemudian muncul istilah tidak percaya diri ataupun minder, hal ini berarti secara tidak langsung kita tidak bisa mengakui atau meyakini bahwa diri kita ini 'ada'. Banyak hal yang bisa membuat kepercayaan diri kita runtuh dan kitapun menjdi minder, salah satunya adalah adanya kekurangan pada diri kita. Tapi, banyak juga kok hal-hal yang bisa kita lakukan untuk bisa kembali percaya diri lagi;
  1. Meyakini dan mempercayai bahwa kita adalah makhluk yang tidak sempurna dengan kata lain setiap orang pasti punya kekurangan, siapapun itu. Bahkan seorang tokoh sekalipun, meski di depan umum ia tampil sangat sempurna tapi yakinlah bahwa ada satu sisi di kehidupannya yang kurang.
  2. Explore diri kamu! Kamu boleh merasa tidak percaya diri, tapi jangan terus memandang dirimu dari satu sudut yang itu-itu saja. Setiap orang memang punya kekurangan dan pasti juga memiliki kelebihan. Di bidang apapun, percayalah! Dan bila kamu telah menemukan kelebihan itu, kembangkanlah! Orang pasti akan mengenalmu dengan kemampuan yang kamu miliki dan bukan karena kekurangan yang ada di diri kamu.
  3. Buka dirimu lebih lebar pada hal-hal yang lebih berguna. Jangan terus menyesali diri yang serba kekurangan, karena biasanya itu hanya perasaanmu saja. Tersenyumlah dan buat hatimu selalu merasa fres. Karena dengan begitu, kamu akan tampil lebih beda dari biasanya.
take care!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar